Energi

Tujuan Pembelajaran kali ini yaitu teman-teman diharap dapat memahami tentang energi dalam kehidupan sehari-hari.

Gambar 1
Sumber: mystupidtheory.com

Kita sangat sering mendengar kata Energi dan menyebutkan kata Energi. Lalu apa itu sebenarnya Energi?

Energi adalah kemampuan untuk melakukan suatu tindakan atau pekerjaan (usaha). Kata “Energi” berasal dari bahasa yunani yaitu “ergon” yang berarti kerja. Dalam melakukan sesuatu kita selalu memanfaatkan energi, baik secara sadar maupun tidak sadar.

Energi ada beberapa bentuk, yaitu sebagai berikut:
• Energi potensial
• Energi kinetik
• Energi kimia
• Energi listrik
• Dan lain-lain

  1. Energi Potensial
    Ada berbagai macam energi potensial, antara lain energi potensial gravitasi. Energi potensial gravitasi bumi, yaitu energi yang dimiliki suatu benda karena terletak di atas permukaan bumi. Maka semakin tinggi letak suatu benda di atas permukaan bumi, makin besar energi potensial gravitasinya.
  2. Energi Kinetik
    Setiap materi yang berpindah atau bergerak memiliki bentuk energi yang disebut energi kinetik atau energi gerak. Objek bergerak melakukan kerja dengan cara menggerakkan benda lain. Pemain biliar menggerakkan tongkat biliar untuk mendorong bola. Selanjutnya, bola yang bergerak akan menggerakkan bola-bola lain. Air yang mengalir melalui suatu bendungan akan menggerakkan turbin. Ketika kamu naik sepeda, kontraksi otot kaki akan mendorong pedal sepeda.
  3. Energi Kimia
    Energi kimia ialah energi yang terkandung dalam suatu zat. Misalnya, makanan memiliki energi kimia, sehingga orang yang makan akan memiliki energi untuk beraktivitas. Contoh energi kimia lainnya adalah bensin yang mengandung energi kimia, sehingga dapat digunakan untuk menggerakkan mesin.
  4. Energi Listrik
    Energi listrik ialah energi yang dimiliki muatan listrik dan arus listrik. Energi ini paling banyak digunakan karena mudah diubah menjadi energi lainnya.

Referensi:

Buku Paket Kemendikbud, SMP VII smt 1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *