Suhu Benda dan Alat Ukurnya

Tujuan dalam pembelajaran kali ini adalah agar teman-teman dapat mengetahui tentang suhu benda dan alat ukurnya.

Gambar 1
Sumber: helloimiga.wordpress.com

A. Mengetahui Suhu Benda

Suhu sebuah benda adalah tingkat (derajat) panas suatu benda. Benda yang panas mempunyai derajat panas lebih tinggi daripada benda yang dingin. Hasil kegiatan penyelidikanmu menunjukkan bahwa indra perasa memang dapat merasakan tingkat panas benda. Akan tetapi, indra perasa bukan pengukur tingkat panas yang andal. Benda yang tingkat panasnya sama dirasakan berbeda oleh tangan kanan dan kirimu. Jadi, suhu benda yang diukur dengan indra perasa menghasilkan ukuran suhu kualitatif yang tidak dapat dipakai sebagai acuan. Suhu harus diukur secara kuantitatif dengan alat ukur suhu yang disebut termometer.

B. Jenis-Jenis Termometer

Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu sesaui dengan standar yang ada.

  1. Termometer Zat Cair
  • Termometer Laboratorium

Bentuknya panjang dengan skala dari -10°C sampai 110°C menggunakan raksa, atau alkohol seperti ditunjukkan pada Gambar.

  • Termometer Suhu Badan
Gambar 3
Sumber: alodokter.com

Termometer ini digunakan untuk mengukur suhu badan manusia. Skala yang ditulis antara 35 °C dan 42 °C . Pipa di bagian bawah dekat labu dibuat sempit sehingga pengukuran lebih teliti akibat raksa tidak segera turun ke labu/ reservoir. Namun sekarang sudah ada pula yang berbentuk digital seperti pada gambar.

  • Termometer Bimetal

Prinsip kerja termometer bimetal adalah apabila suhu berubah menjadi tinggi keping bimetal akan melengkung ke arah logam yg koefisien nya lebih tinggi/ bila pada contoh gambar 4 akan mengarah ke bimetal.

  • Termometer Kristal Cair
Gambar 5
Sumber: spansaa.blogspot.com

Terdapat kristal cair yang warnanya dapat berubah jika suhu berubah. Kristal ini dikemas dalam plastik tipis, untuk mengukur suhu tubuh, suhu akuarium, dan sebagainya.

Referensi:

Buku Paket Kemendikbud, SMP VII smt 1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *