This is my world

Gambar 1. Nature Landscape
Sumber: https://dribbble.com/shots/2674620-Nature-Landscap

Tujuan pembelajaran: Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyebutkan berbagai benda, binatang, dan bangunan di lingkungan sekitar.

Judul bab ini adalah “This is My World”. Pada bab ini, kegiatan terfokus pada pengenalan benda-benda, binatang, dan bangunan publik yang ada di sekitar peserta didik. Cerita akan dimulai dengan perkenalan benda-benda yang ada di kelas dan benda-benda yang ada di dalam tas.

Selanjutnya, cerita berlanjut ketika Edo dan kawan-kawan beserta gurunya pergi ke rumah Beni dalam rangka ulang tahun Ibu Beni. Selama perjalanan, terdapat beberapa bangunan publik yang terlewati. Sesampainya di rumah Beni, pengamatan pun berlangsung dengan memperhatikan benda-benda yang ada di ruang keluarga, dapur, ruang makan, kamar tidur, kamar mandi, garasi, dan kebun belakang rumah. Di sana pun diberikan sedikit penjelasan mengenai beberapa hewan yang ada.

Cara menyebutkan benda, binatang, dan bangungan yang dilihat dengan menggunakan kalimat “There are …..” untuk benda yang berjumlah lebih dari satu atau “There is …..” untuk benda yang berjumlah hanya satu. Benda-benda dalam tas teman-teman dapa disebut dengan kalimat “It’s a / an …..”. Dapat juga menggunakan kalimat “We have …..” untuk menyebutkan barang-barang yang dimiliki bersama.

Contoh kalimat:

  • There are five schools in my town.
  • We have one hospital in my town.
  • There is a church on Jalan Taman Siswa.
  • It’s a police station.
  • It’s an apple.

Pada akhir bab, di dalam kelompok, peserta didik diminta membuat denah kota impian yang terdiri dari berbagai bangunan publik. Selain itu, pada akhir bab ini disajikan pula lirik lagu “What A Wonderful World” sebagai bentuk apresiasi terhadap alam sekitar. Dengan jalan cerita seperti ini, diharapkan peserta didik mengalami proses pembelajaran yang otentik dan bermakna.

Sumber : Wachidah, S. Dkk. 2017. Bahasa Inggris When English Ring a Bell. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *